5 Strategi Digital Marketing Bikin Produk Makin Laku

By

Trivia
strategi digital marketing

Kita pasti tahu betul bahwa hampir semua hal memanfaatkan kemajuan digital, termasuk dalam bidang pemasaran atau marketing. Pemasaran digital atau sering kita sebut Digital Marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun bisnis dan meningkatkan hasil penjualan. 

Mulai dari UMKM hingga korporasi besar sama-sama membutuhkan keberadaan digital marketing. Sebagai pengusaha, Anda wajib mengetahui bagaimana cara memanfaatkan digital marketing guna mempromosikan produk, termasuk strategi digital marketing. 

Lalu, seperti apa strategi digital marketing yang bikin produk Anda laku keras? Silakan simak langsung di bawah ini! 

 

1. Search Engine Optimization (SEO) 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah praktik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs web melalui hasil organik dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat, situs web dapat mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian yang pada gilirannya dapat meningkatkan visibilitas online, jumlah pengunjung, dan potensi pendapatan. 

2. Search Engine Marketing (SEM) 

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Ini adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan penggunaan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil pencarian mesin pencari. Berbeda dengan SEO yang fokus pada upaya organik, SEM menggunakan model iklan berbayar seperti Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords) atau Bing Ads untuk menempatkan iklan di halaman hasil pencarian atau di situs web mitra. 

Salah satu bentuk SEM yang paling umum adalah iklan yang muncul di bagian atas atau samping hasil pencarian yang terkait dengan kata kunci tertentu yang dicari oleh pengguna. Dengan menggunakan SEM, perusahaan dapat secara efektif menargetkan audiens potensial dan meningkatkan lalu lintas ke situs web mereka dengan cepat.

Baca juga: Potensi Bisnis Franchise: Pengertian dan Keuntungannya

3. Social Media Marketing 

Social Media Marketing (SMM) adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan merek, produk, atau jasa. SMM melibatkan pembuatan dan berbagi konten yang menarik dan relevan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya untuk menjangkau dan berinteraksi dengan audiens target.

SMM memungkinkan perusahaan untuk terlibat secara langsung dengan audiens mereka, mengumpulkan umpan balik langsung, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan potensial. Dengan penggunaan yang tepat, Social Media Marketing dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk memperluas jangkauan merek dan meningkatkan konversi.

4. Email Marketing 

Email Marketing adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan pengiriman pesan email kepada daftar pelanggan atau prospek untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten tertentu. Ini merupakan salah satu bentuk pemasaran langsung yang paling umum digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial atau yang sudah ada.

Salah satu keunggulan Email Marketing adalah kemampuannya untuk menargetkan secara spesifik audiens tertentu, serta memberikan hasil yang terukur melalui analisis statistik seperti tingkat bukaan email, tingkat klik, dan tingkat konversi. Dengan strategi yang tepat, Email Marketing dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun kesadaran merek, memperluas basis pelanggan, dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

5. Content Marketing 

Content Marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan, distribusi, dan promosi konten yang bernilai dan relevan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens target. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran merek, membangun hubungan dengan pelanggan, dan, pada akhirnya, meningkatkan penjualan atau konversi.

Konten dalam Content Marketing dapat berupa artikel blog, video, infografis, e-book, podcast, dan berbagai bentuk konten lainnya. Konten tersebut dirancang untuk memberikan nilai tambah bagi audiens, mengatasi masalah atau kebutuhan mereka, memberikan informasi yang bermanfaat, atau menghibur.

Baca juga: Bagaimana Peluang Bisnis Skincare Saat Ini?

Nah, sudahkah Anda memanfaatkan strategi digital marketing di atas? Strategi mana yang paling bermanfaat untuk bisnis Anda? 

Tahukah Anda bahwa untuk mengoptimalkan pendapatan, tak hanya berasal dari strategi digital marketing saja. Anda bisa mulai trading untuk memaksimalkan potensi keuntungan. Caranya? Yuk, segera klik di sini!

image-artikel