Jika ingin karir di dunia trading forex namun belum jago trading? Berkarir di forex tidak harus selalu jadi trader loh! Anda bisa coba menjadi bagian tim marketing forex di perusahaan pialang berjangka. Seperti apa tugas Marketing Consultan Financial Forex? Berikut ulasannya
Apa itu marketing Consultan Financial forex?
Mengupas dengan sederhana, marketing adalah langkah mengenalkan produk atau jasa suatu perusahaan agar diketahui oleh masyarakat luas. Upaya ini bisa dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan, hingga strategi pengembangan produk. Nah, Marketing Consultan Financial Forex adalah segala aktivitas untuk mengenalkan dan memasarkan produk perdagangan berjangka termasuk forex kepada calon nasabah.
Kegiatan marketing ini bisa dilakukan dengan berbagai strategi dan cara termasuk secara digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Website dan media sosial biasanya menjadi media digital yang paling efektif untuk membangun brand image yang kuat untuk perusahaan pialang berjangka.
Tujuan aktivitas marketing adalah mendorong calon pelanggan untuk membuat keputusan pembelian atau menyelesaikan transaksi. Dalam konteks marketing forex trading, calon nasabah atau yang sering disebut dengan prospek melakukan investasi atau istilah populer disebut dengan closing.
Apa saja tugas marketing/consultan financial forex?
Marketing forex di beberapa perusahaan pialang berjangka terdiri dari beberapa bagian, departemen, atau tim yang memiliki peran berbeda-beda. Namun memiliki tujuan yang sama yaitu ‘menarik’ banyak calon nasabah untuk melakukan deposit.
Seiring dengan perkembangan teknologi, marketing tidak hanya dilakukan secara luring tapi juga dilakukan secara daring, maka tidak heran jika perusahaan broker membutuhkan peran forex digital marketing. Hal ini banyak mengubah strategi marketing. Meskipun beberapa perusahaan berjangka saat ini lebih memilih marketing forex konvensional. Hal ini karena menganggap basis data calon nasabah atau prospek lebih valid.
Digital Marketing
Digital marketing biasanya akan menjadi sarana bagi broker forex untuk melakukan branding perusahaan agar terbentuk brand image yang kuat di kalangan masyarakat. Pengelolaan laman situs perusahaan, media sosial resmi perusahaan, dan menghasilkan content marketing yang menarik target audiens akan menjadi tanggung jawab tim digital marketing. Target audiens yang berhasil dikonversikan menjadi basis data biasanya akan mulai ditawarkan dan dikenalkan produk forex oleh wakil pialang berjangka, telemarketing, atau business consultant.
Bagaimana jika broker forex tidak memiliki tim digital marketing? Wakil pialang berjangka atau business consultant biasanya akan mendapatkan basis data dari pihak ketiga atau melakukan riset. Seorang wakil pialang, business consultant atau posisi marketer lainnya di broker forex harus memiliki kemampuan memberikan calon nasabah informasi yang dibutuhkan, sedetail apapun itu. Hal ini biasa disebut dengan product knowledge.
Selain itu harus mampu membangun hubungan baik dengan calon nasabah ataupun yang sudah menjadi nasabah dan yang paling terpenting bisa meyakinkan prospek untuk berinvestasi dengan cara yang benar dan profesional. Posisi marketer broker forex biasanya memiliki nama yang berbeda di perusahaan yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama yaitu mendorong calon nasabah untuk melakukan investasi.
Lalu, apa perbedaan tugas wakil pialang dengan seorang bisnis consultant?
Forex adalah bisnis yang memiliki high risk and high return, sebagai calon nasabah sebelum ‘menempatkan’ dana di broker forex tertentu, Anda harus mengetahui profil perusahaan, produk yang ditawarkan, dan mengenal segala jenis risiko dari produk perdagangan berjangka.
Hal ini biasanya akan dijelaskan secara langsung oleh wakil pialang berjangka. Untuk menjadi wakil pialang berjangka, para calon wajib mengikuti ujian profesi dan dinyatakan lulus. Jika telah memiliki sertifikasi pelatihan simulasi transaksi kontrak berjangka.
Sertifikasi tersebut merupakan syarat bagi calon wakil pialang berjangka untuk mengikuti ujian profesi. Singkatnya, seseorang berhak menyandang status wakil pialang berjangkajika telah dinyatakan lulus ujian profesi. Dimana ujian yang dimaksud adalah diselenggarakan oleh BAPPEBTI.
Apa saja sebenarnya tugas wakil pialang berjangka? Berikut diantaranya tugas dan kewajiban wakil pialang :
- Hanya WPB yang berhak menghubungi nasabah atau calon nasabah secara langsung (tanpa diwakilkan oleh pihak lain) baik dengan tatap muka ataupun melalui media elektronik lainnya.
- Menyampaikan dan menjelaskan profil perusahaan yang telah disetujui Bappebti.
- Menjelaskan dan menawarkan produk kontrak berjangka atau kontrak derivatif yang akan ditransaksikan.
- Menjelaskan semua jenis resiko dari perdagangan berjangka.
- Menandatangani dokumen perjanjian yang menjelaskan adanya resiko dalam perdagangan berjangka.
- Menjelaskan trading rules dan mekanisme transaksi dari produk yang ditawarkan. Menjelaskan dan menandatangani isi dokumen perjanjian pemberian amanat.
- Dalam pelaksanaan semua poin di atas, hanya boleh dilakukan oleh WPB (tidak boleh diwakilkan) dan penyampaian terhadap nasabah atau calon nasabah hanya dapat dilakukan oleh WPB yang sama.
Anda bisa ikut kelas gratis TPFx dengan click ini. Dapatkan update seputar trading di tpfx.co.id . Buka akun demonya disini GRATISS. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna dan membantu dalam perjalanan trading Anda.
Selamat trading dan semoga sukses!