Pengaruh Price Action Terhadap Hasil Trading

Tugas utama Anda sebagai seorang trader adalah mengelola risiko kehilangan uang dan menutup transaksi trading pada hari itu. Bagaimana pergerakan harga memang mengacu pada harga aset dan keuangan serta berdasarkan kekuatan pasar atau antara supply dan demand. Namun dengan mempelajari pergerakan harga tersebut selama beberapa periode, perlahan cara kita trading akan semakin efektif. 

Alih-alih menggunakan pengenalan pola grafik atau menerapkan indikator teknis, yang berasal dari pergerakan harga dan memiliki jeda alami, price action adalah tentang mencapai inti perdagangan dengan lebih memahami kekuatan pasar yang tergambar dari pergerakan grafik candlestick.

Dengan mempelajari pergerakan harga selama periode tertentu, Anda mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk memperdagangkan tren, breakout, dan ayunan  (trend,breakout,swing) secara efektif. Grafik candlestick Jepang mungkin merupakan bentuk analisis aksi harga yang paling umum digunakan.

 Price action adalah teori mengenai pergerakan harga di pasar. Price action adalah istilah yang sering digunakan dalam analisis teknis untuk menafsirkan dan menggambarkan pergerakan harga suatu aset. Trader yang menggunakan teknik ini percaya bahwa harga aset adalah bagian data yang paling penting karena dapat menggambarkan kemana arah harga selanjutnya dan hanya itu yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan trading. 

Price action tidak berfokus pada faktor analisis fundamental yang mempengaruhi pergerakan harga. Sebaliknya, kepada sejarah harga  yang pernah disentuh, baik harga terendah maupun harga tertinggi, bagaimana harga bergerak melintasi periode waktu ke waktu. Semua, atau sebagian besar, keputusan trading didasarkan pada grafik harga. Pendekatan sederhana dari perdagangan aksi harga berarti tidak ada indikator teknis yang diterapkan pada grafik trader. Satu-satunya fokus adalah pada price action itu sendiri. Keyakinannya adalah bahwa aksi harga / pergerakan harga di market mencerminkan semua variabel (peristiwa berita, data ekonomi, dll) yang mempengaruhi harga dan menyebabkannya bergerak. Perdagangan aksi harga dengan mengamati pergerakan harga dianggap sebagai bentuk analisis teknis “murni” dan terkadang dikenal sebagai “perdagangan telanjang” atau chart nude yang hanya melihat pergerakan candlestick saja sudah dapat mewakili arah harga selanjutnya tanpa indikator teknis apa pun.

Apabila Anda sudah mempelajari berbagai tips trading saham pemula ini, tentunya Anda juga harus memilih broker untuk perantara trading saham. Pastikan Anda memilih broker yang sudah legal dan teregulasi oleh BAPPEBTI seperti TPFx. Bersama TPFx, trading indeks saham, forex, atau komoditas bisa dilakukan dengan mudah, tanpa biaya swap, leverage besar, serta tanpa requote dengan spread kompetitif sehingga trading bisa dilakukan dengan cara yang aman. Mau cepat untung dari trading? Buka akun trading Anda sekarang juga!

 

image-artikel

Popular Jurnal