Euro Mencoba Bangkit Terhadap Dollar AS

Euro Mencoba Bangkit Terhadap Dollar AS

Mata uang Euro mencoba menguat meski terbatas terhadap mata uang Dollar AS. Bangkitnya mata uang tunggal kawasan Eropa ini terjadi setelah adanya pelemahan terbatas di mata uang Dollar AS.

Pelemahan Dollar AS ini terjadi pasca rilis data inflasi yang ternyata di atas prediksi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor akan kembali naiknya tingkat inflasi AS. Sehingga menimbulkan sikap pesimis akan jalannya pembangunan ekonomi Amerika.

Mata uang Dollar AS kemarin sempat melemah terbatas efek rilis data CPI, namun pelemahan ini belum seberapa di bandingkan dengan tekanan dari turunnya nilai yield obligasi pemerintah Amerika dengan tenor 10tahun. Dengan turunnya yield ini juga di khawatirkan akan meningkatkan inflasi AS.

Hasil pertemuan FOMC pada dinihari tadi telah berhasil menyepakati Hasil pertemuan FOMC dihari tadi telah sepakat untuk memangkas pembelian obligasi (tapering) sebesar US $ 15 Miliar/bulan. Dengan perincian sebagai berikut, senilai US $ 10 Miliar/bulan dipangkas untuk treasury dan US $ 5 Miliar/bulan untuk sekuritas berbasis hipotek (Mortgage Backed Securities).

Pelaksanaan tapering ini akan dimulai pada pertengahan November nanti dan di perkirakan akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2022 nanti. Namun untuk wacana kenaikan tingkat suku bunga dan pemangkasan stimulus belum di singgung secara lebih rinci pada pertemuan dinihari tadi.

Focus para pelaku pasar untuk hari ini tertuju pada rilis data jumlah pengangguran mingguan “Unemployment Claim” yang di prediksi akan menurun ke level 315.000 sedangkan pada minggu lalu sebesar 326.000. mengacu dari prediksi data ini maka besar peluangnya kondisi mata uang Dollar AS mengalami penguatan.

 

Analisa Tekhnikal EURUSD

Di prediksi Trend masih akan Bearish/turun.

 

Pivoit poin = 1,15720

 

Support 1 = 1,15473

Support 2 = 1,14994

Support 3 = 1,14747

 

 

Resistance 1 = 1,16199

Resistance 2 = 1,16446

Resistance 3 = 1,16925

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.